Facebook Pixel EF Tangerang

EF Tangerang

Logo EF Tangerang

Home

History

Our Schools

Programs

News

EF Card

How Good is Your English?

Contact Us

Persiapkan Diri Kamu Sebelum Mengikuti Tes IELTS


IELTS adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang perlu kamu ikuti jika ingin belajar atau bekerja di luar negeri, khususnya di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Untuk mendapatkan skor sesuai persyaratan, kamu perlu melakukan persiapan sebelum mengerjakan real-test dari IELTS. Berikut beberapa tips agar bisa mengerjakan ujian IELTS dengan baik untuk para pelajar, seperti:

 

Jenis tes yang akan diambil

 

IELTS memiliki dua jenis tes yaitu general test dan academic test. General test biasanya diperuntukkan bagi kamu yang mengambil tes IELTS untuk tujuan bekerja. Untuk para pelajar yang ingin melanjutkan studi keluar negeri biasanya disarankan untuk mengambil jenis tes academic yang memang lebih diperuntukkan untuk kebutuhan pendidikan.

 

Meski sama-sama IELTS, ada perbedaan antara kedua jenis tes tersebut, general test dianggap lebih mudah dan lebih sederhana dibandingkan dengan academic test, namun bukan berarti kamu tidak perlu mempersiapkan diri saat mengambil jenis tes general.

Dengan mengetahui jenis tes mana yang akan kamu ambil, persiapan kamu akan lebih fokus dan matang. Cukup dengan mempelajari materi yang kamu butuhkan. Dengan begitu, potensi mendapatkan nilai sesuai syarat pun semakin besar.

 

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

 

Tips untuk mendapatkan nilai terbaik saat ujian IELTS adalah meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Sebagai pelajar, kamu tentu mempelajari bahasa Inggris di sekolah. Akan tetapi, kamu tidak bisa mengandalkan materi yang dipelajari di sekolah sebagai persiapan mengikuti tes IELTS. Kamu perlu menambah waktu belajar bahasa Inggris, baik secara mandiri di rumah atau mengikuti kursus persiapan IELTS.

 

Mempelajari materi reading dan listening

 

Reading dan listening adalah kemampuan bahasa Inggris pasif yang akan menjadi bagian dari tes IELTS. Tes ini tidak akan sama dengan tes TOEFL ITP yang biasanya digunakan untuk tes masuk perguruan tinggi atau tes karyawan di Indonesia.

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa soal-soal yang akan kamu temui dalam tes listening dan reading pada IELTS ini. Mengingat IELTS lebih banyak digunakan untuk negara Inggris dan sekitarnya, bahasa yang digunakan dalam tes adalah British English.

 

Melatih kemampuan writing dan speaking

 

Writing dan speaking merupakan kemampuan bahasa Inggris aktif, pada tes ini, kamu akan lebih banyak diminta untuk menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

 

Tidak hanya itu saja, saat menulis atau berbicara, kamu dituntut untuk bisa memiliki kosakata yang kaya dan luas. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat kalimat yang padu padan. Belum lagi, untuk menilai kedua aspek tersebut, kamu akan diminta membicarakan atau menulis topik yang telah ditentukan terlebih dahulu.

 

Kamu perlu banyak latihan berbicara dan menulis mengenai topik yang berbeda-beda. Cara ini akan sangat membantu dalam memperkaya kosakata, membentuk opini, hingga menstimulasi otak terhadap beragam topik yang mungkin akan diujikan pada tes IELTS.

 

Saatnya kamu mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti tes IELTS sesuai dengan beberapa tips di atas. Raih impian kamu untuk masuk Universitas terbaik, persiapkan nilai TOEFL dan IELTS sebagai salah satu syarat nya.

Tiingkatkan Skor TOEFL dan IELTS anda dengan EF dijamin, dapatkan free diagnostic test  dengan mendaftarkan dirimu secepatnya.

 

Tunggu apalagi? Penawaran terbatas. Yuk Test kemampuan bahasa inggrismu sudah sampai mana: klik disini

Tiingkatkan Skor TOEFL dan IELTS anda dengan EF dijamin 

 





chat coba kelas gratis
tutup chat kelas gratis